MENGGAGAS DESA ANTI GENGSTER

  • Jun 25, 2024
  • Suharto

Akhir-akhir ini warga Desa Jamus, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak diresahkan dengan kemunculan sekelompok pemuda bermotor yang ditengarai anggota gangster.
Untuk mengantisipasi munculnya gangster di desa setempat, Pemerintah Desa (Pemdes) Jamus menggagas pembentukan Barikade Desa Antigangster.
Kegiatan yang digelar di balai desa, pada Minggu 23 Juni 2024 itu, dihadiri seluruh RT, RW, kadus,tokoh pemuda di masing-masing RT dan ormas seperti Banser dan Pemuda Pancasila serta linmas desa.
‘’Kegiatan ini dihadiri Plt Camat Mranggen, Kapolsek dan Danramil Mranggen,’’ kata Kades Jamus Muh Rifai.
Dia mengatakan, keberadaan gangster ini membuat resah masyarakat. Pada 4-5 tahun lalu, gangster adanya di kota-kota besar. Namun, kini merebak sampai ke desa, terutama di desa yang berbatasan langsung dengan kota-kota besar.
“Maraknya gangster ini dikarenakan banyak faktor. Salah satunya pergaulan, lingkungan, dan kurangnya perhatian orang tua maka anak-anak mencari tempat perhatian,’’ ungkapnya.
Dia mengatakan, bagi mereka kelompok semacam gangster menjadi tempat pelarian untuk mencari identitas diri.
‘’Penting membentengi generasi desa dari pengaruh semacam ini. Sebab, kelompok gangster dari luar desa seringkali melintasi di Desa Jamus sehingga membikin resah warga,’’ terangnya.
Plt Camat Mranggen, Ali mahbub mengapresiasi gagasan Kades Jamus tersebut. ‘’Ini menjadi inspirasi saya untuk kami tularkan ke desa-desa lain,’’ terangnya.
Kapolsek Mranggen AKP Margono menyampaikan gagasan ini baru ada di Kabupaten Demak